HUT Kabupaten Bangli


    Serangkaian dengan Hut Kota Bangli ke-807, Kabupaten Bangli melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangli melaksanakan kegiatan lomba perwujudan desain endek yang dibuka oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum, sabtu (7 Mei 2011) kemarin, yang diikuti oleh perajin endek se-Bali sebanyak 18 orang yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas perajin endek di Kabupaten Bangli dan untuk membangkitkan perajin tenun ATBM khususnya perajin tenin di Kabupaten Bangli serta untuk memotifasi perajin khususnya perajin tenun ikat atau endek untuk meningkatkan kreativitas di bidang desain produk kain endek. Sampai saat ini di kabupaten bangle sudah banyak tumbuh dan berkembang industri kecil dan menengah baik industri kerajinan, industri logam maupun industri pangan, dimanajumlah unit usaha sampai saat ini sebanyak 8.696 unit usaha, jumlah tenaga kerja yang diserap sebanyak 18.524 orang dengan jumlah sentra sebanyak 125 sentra. Hal ini akan membawa pengaruh positif terhadap perekonomian Kabupaten Bangli karena dengan banyaknya industri dan menengah di Kabupaten Bangli akam membuka lapangan kerja sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Bangli dan menurunkan angka kemiskinan.

     Pj.Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Bangli Dra. Ni Wayan manik mengatakan.pergerakan sektor industri belum dapat berkembang secara optimal, disebabkan oleh beberapa hal seperti terbatasnya peralatan produksi, pengetahuan dan ketrampilan perajin serta pemasaran produk yang masih bersifat lokal termasuk masih kurangnya pengetahuan dan pemahaman perajin di bidang desain produk. Oleh karena itu, perlu diberikan pelatihan ataupun kegiatan yang sifatnya merangsang kreatifitas perajin dalam mendesain produk yang dapat bersaing di pasar lokal, nasional maupun internasional.

     Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum dalam sambutannya mengatakan, pihaknya merasa bangga, karena Kabupaten bangle bisa menyelenggarakan kegiatan strategis guna memotifasi perajin endek untuk lebih kreatif dan inovatif menciptakan desain-desain yang lebih bermutu sesuai dengan kebutuhan konsumen dan dapat mengikuti trend mode yang sedang berkembang, memacu diri agar produk kain endek yang merupakan produk khas masyarakat Bali dapat lebih mewarnai lebih cara hidup dan gaya hidup masyarakat Bali sendiri. Pihaknya berharap kepada para pemenang agar dapat membimbing, melatih dan membina para calon pengrajin ATBM kain endek di kabupaten Bangli.

     Dalam lomba desain endek ini, jumlah tim penilai sebanyak 5 orang dimana 2 orang juri berasal dari ISI Denpasar, 1 orang juri dari pemilik kerajinan tenun ikat Cempaka Cap Togog dan 2 orang lagi merupakan juri kehormatan yakni Ny.Sang Ayu Sariasih Sedana Arta dan dari Dinas Perindag Kabupaten Bangli.  Lomba tersebut dicari 3 orang pemenang, dimana untuk juara 1 akan dipilih untuk baju endek yang akan di pakai oleh pegawai di lingkungan Pemkab Bangli yang akan dipakai setiap hari Kamis 

Agenda Lainnya

Cari Agenda