Pelatihan Loka Bina Karya Keterampilan Menjahit Pakaian Bagi Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Bangli Tahun 2014

  • 24 Desember 2014
PELATIHAN LOKA BINA KARYA KETERAMPILAN MENJAHIT PAKAIAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN BANGLI TAHUN 2014

Pelatihan Loka Bina Karya Keterampilan Menjarit Pakaian Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Bangli yang dilaksanakan selama 3 bulan, dimulai tanggal 5 Juni s.d 15 September 2014 ini merupakan salah satu bentuk pemenuhan ketrampilan untuk menunjang penghasilan pribadi maupun  penghasilan rumah tangga. Sesuai dengan apa yang tersirat dalam Pancasila maupun Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia mengamanatkan, bahwa Negara mempunyai tanggung jawab untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Lebih lanjut pelaksanaan tanggung jawab Negara ini diatur dalam U.U Nomor  9 Tahun 2011 tentang Kesejahteraan Sosial yang menyatakan bahwa “Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial adalah upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam bentuk pelayanan social guna memenuhi kebutuhan dasar setiap warga Negara, yang meliputi rehabilitasi social, pemberdayaan social, dan perlindungan Sosial”. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, penyandang disabilitas memiliki  kedudukan, hak, kewajiban dan peran yang sama dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat yang telah diratifikasi dengan UU Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Ratifikasi Konvensi Hak-hak Penyandang Disabilitas.

 Upaya rehabilitasi sosial dan pemberdayaan ditujukan kepada mereka penyandang disabilitas yang derajat kecacatannya tergolong ringan dan sedang, dimana mereka masih bisa membantu dirinya sendiri dan/atau keluarganya. Sedangkan upaya pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial ditujukan bagi mereka yang sudah tidak bisa direhabilitasi dan seluruh kegiatan sehari-hari tergantung pada orang lain. Dalam hal ini proses refungsionalisasi dan penegembangan untuk memungkinkan seseorang mampu melaksanakan fungsi sosialya secara wajar dalam kehidupan masyarakat, maka Loka Bina Karya dan Praktek Belajar Kerja adalah salah satu sarana rehabilitasi sosial luar panti bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya penyandang disabilitas, melalui penyelenggaran kegiatan bimbingan sosial dan ketrampilan kerja agar mereka dapat melaksanakan fungsi sosialnya bagi terwujudnya kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan dalam masyarakat.

        Drs. I Nengah Sukarta, M.Si (Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangli) dalam setiap sambutannya selalu memberikan semangat dan dukungan kepada para peserta pelatihan agar nantinya manfaat dari pelatihan ini benar-benar diterapkan dan memberikan output yang mampu mendatangkan income bagi keluarga mereka.  Sebagai dukungan beliau, dalam Praktek Belajar Kerja yang dilaksanakan selama 1 bulan setelah pelatihan, para peserta disalurkan pada perusahan Menjarit yang mau mempekerjakan mereka. Sampai saat ini para peserta sudah mampu menghasilkan penghasilan dari hasil kerja mereka.

  • 24 Desember 2014

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita