BUPATI BANGLI TERIMA PANJI-PANJI PATAKA I GUSTI NGURAH RAI DARI KABUPATEN KLUNGKUNG DI LAPANGAN KAPTEN MUDITA BANGLI.

  • 18 November 2019
  • Dibaca: 327 Pengunjung

 

BUPATI BANGLI TERIMA PANJI-PANJI PATAKA I GUSTI NGURAH RAI DARI KABUPATEN KLUNGKUNG DI LAPANGAN KAPTEN MUDITA BANGLI.


Protokol KKP,
Serangakaian perjalanan estafet Panji-panji dan Surat sakti Pahlawan Nasional Igusti Ngurah rai, Kamis (15/11) digelar upacara serah terima Panji-panji dan surat Sakti Igusti Ngurah rai dari Kabupaten Klungkung ke Kabupaten Bangli. Acara yang dipusatkan di lapangan Kapten Mudita Bangli di hadiri langsung oleh Bupati Bangli selaku Inspektur upacara. Turut Hadir Bupati Klungkung, Pimpinan OPD, Perwakilan TNI, POLRI, ASN dan sekolah di lingkungan pemerintah kabupaten Bangli.


Ketua Pemuda Pancamarga Marcab Bangli IB. Putra menyampaikan Panji-panji Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai Secara Estafet telah diserahkan kepada Kabupaten Jembrana yang berikutnya diserahkan kepada Kabupaten Karangasem kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Klungkung dan saat ini diserah terimakan kepada Kabupaten Bangli di lapangan Kapten Mudita, diterima langsung oleh Bupati Bangli I Made Gianyar,SH.M.Hum.,M.Kn. Lanjut, Seusai upacara serah terima Panji-panji dan surat Sakti itu akan dilepas oleh Bupati Bangli didampingi Bupati Klungkung untuk jalan di arak menuju Gunaksa, disana Panji-panji naik mobil lanjut menuju Landih, dilandih akan dilaksanakan prosesi upacara penghormatan dan sembahyang ditempat transit pekarangan, karena dipekarangan tersebut merupakan salah satu tempat kesakralan dari I Gusti Ngurah Rai. Berikutnya menuju Suter melakukan Penghormatan di Monumen Suter, lanjut menuju penelokan, berikutnya Susut melakukan Penghormatan, langsung turun ke Penatahan menuju Pukuh langsung menuju Jembatan Bangli dan terakhir bersemayam di Penglipuran. “Itulah Perjalanan Panji-Panji dan Surat Sakti Untuk Kabupaten Bangli” terangnya. Untuk penyerahan Pataka dan Panji-panji dilakukan pada tanggal (16) ke Kabupaten Gianyar. Ditambahkan untuk malam hari dilaksanakan hiburan utuk menjaga Pataka tersebut di Penglipuran.


Sementara itu Bupati Bangli I Made Gianyar,SH.M.Hum.,M.Kn usai melepas Pataka menyampaikan, Hari ini kita telah terima Pataka dan Surat Sakti Brigjen TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai, dimana kegiatan ini adalah rangkaian dari pernyataan kemerdekaan yang dibacakan oleh Sukarno Hatta atas nama Bangsa Indonesia. Meskipun sudah merdeka namun belanda bersama sekutunya ketika mereka memenangkan perang dunia ke-2 mereka belum rela Indonesia merdeka dan mereka datang lagi untuk menjajah, sehingga pergolakan perjuangan kemerdekaan republik Indonesia terus dilakukan oleh tentara tentara indonesia yang sekarang menjadi pahlawan kusuma Bangsa. “Untuk itulah kita sebagai generasi muda sesuai dengan amanat presiden harus mengenali pahlawan dan berikutnya tidak boleh lupa dengan jasa pahlawan Bangsa, Jayalah Indonesia” kata Made Gianyar.
NB. WAWANCARA.
IMADE GIANYAR,SH.M.Hum.,M.Kn
BUPATI BANGLI

  • 18 November 2019
  • Dibaca: 327 Pengunjung

Pengumuman Lainnya

Cari Pengumuman