Penyusunan Data Base Ketenagakerjaan Tahun 2011

  • 20 Februari 2012
Penyusunan data base ketenagakerjaan Tahun 2011

Kegiatan yang dilakukan bidang tenaga kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun 2011 adalah kegiatan penyusunan data base ketenagakerjaan dari program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Oktober s/d Desember 2011 di Kabupaten Pakpak Bharat.

Penyusunan data base tenaga kerja daerah dilaksanakan melalui bebarapa tahapan:

Pertama seleksi petugas pendata dari seluruh desa di Kabupaten Pakpak Bharat, petugas pendata sebanyak 52 orang masing-masing 1 orang setiap desa yaitu sekretaris desa atau perangkat desa lainnya. Selanjutnya setelah petugas pendata diperoleh, maka diadakan sosialisasi di aula Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Adapun narasumber dalam sosialisasi tersebut  berasal dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Pakpak Bharat. Setelah sosialisasi selesai diadakan maka petugas pendata langsung mendata sesuai dengan format isian yang telah ditentukan ke desa masing-masing.

Petugas pendata diberikan batasan waktu untuk menyerahkan hasil pendataan ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pakpak Bharat. Tahapan selanjutnya yaitu data yang diterima dari petugas pendata setiap desa akan diolah dan disusun dalam bentuk buku. Tahapan akhirnya adalah Pencetakan buku data base tentang ketenagakerjaan tahun 2011.

Kegiatan penyusunan data base tenaga kerja dilaksanakan dengan tujuan

-        Untuk mendata jumlah tenaga kerja atau usia kerja antara 15 s/d 64 tahun,

-        Jumlah penggangguran,

-        Jumlah Angkatan Kerja

-        Jumlah bukan angkatan kerja,

-        Tenaga kerja yang bekerja didalam dan diluar Kabupaten Pakpak Bharat.

-        Tenaga kerja yang bekerja di luar negeri,

Dengan terlaksananya kegiatan penyusunan data base tenaga kerja daerah setiap tahunnya diharapkan tersedianya data ketenagakerjaan yang akurat di Kabupaten Pakpak Bharat.

Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat dalam lingkup usia kerja yaitu antara 15 s/d 64 Tahun.

  • 20 Februari 2012

Artikel Lainnya

Cari Artikel