Kegiatan Pembinaan Lanjut Usia Terlantar Tahun 2018

  • 20 April 2018
KEGIATAN PEMBINAAN LANJUT USIA TERLANTAR TAHUN 2018

KEGIATAN  PEMBINAAN LANJUT USIA TERLANTAR TAHUN 2018

 

Pembinaan Lansia Terlantar tahun 2018 di Kabupaten Bangli

Sasaran 10 Desa:

  1. Desa Tamanbali Kecamatn Bangli
  2. Desa Abuan Kecamatan Susut
  3. Desa Katung Kecamatan Kintamani
  4. Desa Bangbang Kecamatan Tembuku
  5. Desa Kayubihi Kecamatan Bangli
  6. Desa Abangbatudingding Kecamatan Kintamani
  7. Desa Apuan Kecamatan Susut
  8. Desa Undisan Kecamatan Tembuku
  9. Desa Susut Kecamatan  Susut
  10. Desa Kintamani Kecamatan Kintamani

Jumlah peserta dari masing-masing Desa 30 Orang

 

  1. Hari Senin tanggal 2 April 2018

Pembinaan lansia terlantar  di Desa Tamanbali Kecamatan Bangli.

Salah satu peserta atas nama Ni Nyoman Sulandri mengajukan pertanyaan  dimanasuaminya I Ketut Budi yang sakit menahun  tapi tidak punya biaya untuk berobat dan belum punya KIS 

Solusi :  Kasi Pelayanan Sudah disuruh mendata  RTM yang belum mempunyai KIS untuk diajukan ke Dinas Sosial Kabupaten Bangli, dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan, Dinas Sosial akan melakukan final closing setiap tanggal 20 tiap bulandengandaftar tunggu.

 

  1. Hari Selasa tanggal 3 April 2018

        Pembinaan lansia di Desa Abuan Kecamatan Susut

        Ada beberapa  peserta ingin  mengajukan permohonan bantuan beternak Babi/Sapi

Solusi :  Dianjurkan untuk mengajukan permohonan bantuan  Usaha EkonomisProduktip (UEP)  dengan   membuat proposal setahun sebelumnya dengan rincian biaya yang dibutuhkan  maksimalRp. 10.000.000,-  melalui Kepala Desa,ditujukan Ke Bupati Bangli Cq  Dinas Sosial Kabupaten Bangli,  Dinas Sosial tidak berjanji tapiakan berusahamengajukanmelalui APBD Kabupaten Bangli,DinasSosial Propinsi/Kementerian Sosial Republik Indonesia, sebelum bantuan turun akan dilakukan verifikasi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

  • Hari Rabu,  tanggal 4 April 2018

       Pembinaan lansia terlantar  di Desa Katung Kecamatan Kintamani

       Salah satu peserta tidak hadir karena sakit atas nama Ni Ketut Dapet

       Ada Pertanyaan dari kasi pelayanan Bapak Wayan Jonok

  1.   UEP apakah mengembalikan?di Jawab tidak mengembalikan, tetapi untukmodal usaha supaya dapat membatu dan menambah penghasilan keluarga bagi lansia dari keluarga RTM
  2.   Minta syarat-syarat pengangkatan anak,  Disuruh ngambil ke Dinsos Kab. Bangli
  3. Untuk pengajuan peserta PKH sudah di data bagi keluarga yang sangat miskin.

 

  1. Hari Kamis,  tanggal 5 April 2018

      Pembinaan lansia di Desa Bangbang Kecamatan Tembuku

  1. Ada beberapa  peserta ingin  mengajukan permohonan bantuan beternak Sapi tapi  ada kendala karena lahan yang mereka gunakan untuk ternaknya masihminjem,
  2. Ada juga peserta yang mempunyai pekerjaan sehari-hari membikin semat, mohon bantuan modal untuk usaha kecil-kecilanya.

        Solusi :  Dianjurkan untuk mengajukan permohonan bantuan  Usaha Ekonomis 

Produktip (UEP)  dengan   membuat proposal setahun sebelumnya dengan rincian  biaya yang dibutuhkan  maksimal   Rp. 10.000.000,-  melalui Kepala Desa,ditujukan Ke Bupati Bangli Cq  Dinas Sosial Kabupaten Bangli,  Dinas Sosial tidak  berjanji tapi  akan berusahamengajukanmelaluiAPBD Kabupaten Bangli,Dinas SosialPropinsi/Kementerian Sosial Republik Indonesia,sebelum bantuan turun akan dilakukan verifikasi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

  1. Hari Jumat,  tanggal 6  April 2018

        Pembinaan lansia di Desa Kayubihi  Kecamatan Bangli

Ada beberapa  peserta ingin  mengajukan permohonan bantuan berusahamembuat talidari bambu

       Solusi :  Dianjurkan untuk mengajukan permohonan bantuan  Usaha Ekonomis 

Produktip (UEP)  dengan   membuat proposal setahun sebelumnya dengan rincianbiaya yang dibutuhkan  maksimalRp. 10.000.000,-  melalui Kepala Desa, ditujukan Ke Bupati Bangli Cq  Dinas Sosial Kabupaten Bangli,  Dinas Sosial tidak berjanji tapi  akan berusaha mengajukan  melalui APBD Kabupaten Bangli, DinasSosial Propinsi/Kementerian Sosial Republik Indonesia, sebelum bantuan turun akan dilakukan verifikasi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

  1. Hari Senin tanggal 9 April 2018

        Pembinaan lansia di Desa Abangbatudingding Kecamatan Kintamani

Salah satu peserta bertanya. : Dulu Bapak dan Ibunya  mendapat KIS tetapi setelahBapaknya meninggal ibunya tidak mendapat KIS Lagi  mengapa bisa begitu sedangkan ibu saya sudah tidak bisa bekerja untuk menghidupi dirinya.

Jawab :  Setelah ditanya Ibunya masuk KK Siapa?Dibilang masuk Salah satu KKAnaknya, Kalau Anaknya tersebut tidak masuk RTM, maka otomatis ibunya juga bukan RTM karena anaknya sudah dianggap mampu untuk membiayai kebutuhan ibunya.

 

  1. Hari Selasa tanggal 10 April 2018

      Pembinaan lansia di Desa Apuan Kecamatan Susut

Salah satu peserta bertanya. Atas nama I Wayan Rengkek matanya tidak bisa melihat secara jelas/rabun apa tidak ada bantuan kacamata

Jawab :  Setelah ditanya yang bersangkutan telah mempunyaiKIS, dijawab sudah memiliki KIS,  disarankan untuk berobat kerumah sakit dengan membawa rujukan dari dokter keluarga/ Puskesmas

       

 

  

  1. Hari Rabu, tanggal 11 April 2018

       Pembinaan lansia di Desa Undisan Kecamatan Tembuku

Ada beberapa  peserta ingin  mengajukan permohonan bantuan berusaha Sebagai dagang Canang/sesaji,dan dagang jajan

Solusi :  Dianjurkan untuk mengajukan permohonan bantuan  Usaha Ekonomis 

Produktip (UEP)  dengan   membuat proposal setahun sebelumnya dengan rincian biaya yang dibutuhkan  maksimal   Rp. 10.000.000,-  melalui Kepala Desa, ditujukan Ke Bupati Bangli Cq  Dinas Sosial Kabupaten Bangli,  Dinas Sosial tidak berjanji tapi  akan berusaha  mengajukan  melalui APBD Kabupaten Bangli,  DinasSosial Propinsi/Kementerian Sosial Republik Indonesia, sebelum bantuan turun akan dilakukan verifikasi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

  1. Hari Kamis, tanggal 12 April 2018

        Pembinaan lansia di Desa Susut Kecamatan Susut

Ada salah satu peserta sebagai tulang punggung keluarga ingin  mengajukanpermohonan bantuan modal untuk membeli peralatan sebagi tukang bangunan  

Solusi :  Dianjurkan untuk mengajukan permohonan bantuan  Usaha Ekonomis Produktip (UEP)  dengan   membuat proposal setahun sebelumnya dengan rincian biaya yang dibutuhkan  maksimal Rp. 10.000.000,-  melalui Kepala Desa, ditujukan Ke Bupati Bangli Cq  Dinas Sosial Kabupaten Bangli,  Dinas Sosial tidak  berjanji tapi  akan berusaha  mengajukan  melalui APBD Kabupaten Bangli,Dinas Sosial Propinsi/Kementerian Sosial Republik Indonesia.Ada beberapa peserta belum mempunyai  Kartu KIS, menurut Kepala Desanyasudah diajukan namun ada beberapa yang belum keluar.sebelum bantuan turun akan dilakukan verifikasi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

  1.  Hari Jumat, tanggal 13  April 2018

        Pembinaan lansia di Desa Kintamani Kecamatan Kintamani

Ada beberapa  peserta ingin  mengajukan permohonan bantuan berusaha. Sebagi dagang tipat.

Solusi :  Dianjurkan untuk mengajukan permohonan bantuan  Usaha EkonomisProduktip (UEP)  dengan   membuat proposal setahun sebelumnya dengan rincian biaya yang dibutuhkan  maksimalRp. 10.000.000,-  melalui Kepala Desa, ditujukan Ke Bupati Bangli Cq  Dinas Sosial Kabupaten Bangli,  Dinas Sosial tidak berjanjitapiakanberusahamengajukan  melalui APBD Kabupaten Bangli,Dinas Sosial Propinsi/Kementerian Sosial Republik Indonesia.Ada juga salah satu peserta menanyakan syarat-syarat untuk Adopsi anak,karena ada keluarganya yang ingin mengadopsi anak.   Disarankan untuk mengambil Blangko/Persyaratan di Dinas Sosial Kabupaten Bangli.sebelum bantuan turun akan dilakukan verifikasi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

                                                                                   

  • 20 April 2018

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita