Standar Oprasional Prosedur (sop)

  • 30 April 2014
STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR (SOP)

STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR (SOP)

BIDANG PELATIHAN, PERLUASAN, PENEMPATAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

DINAS SOSIAL  TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BANGLI

                                                                                         

Sesuai dengan dengan amanat UUD Republik Indonesia Tahun 1945 Pemerintah Daerah berwenang untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan. Sebagai konsekuensinya Pemerintah Kabupaten Bangli sebagai daerah otonomi mempunyai hak dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri atas dasar kebijakan dan inisiatif pembiayaan serta dilakukan oleh perangkat daerah sendiri, di samping dana dari Pusat yang telah diatur dalam undang – undang. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangli mempunyai  tugas pokok melaksanakan  tugas dibidang sosial dan ketenagakerjaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan serta pengendaliaanya sesuai dengan kebijakan Kepala Daerah/Bupati.

Standar Oprasional Prosedur (SOP) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangli disusun sebagai pedoman pelayanan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab, yang diharapkan akan memberikan pelayanan yang maksimal dalam bidang sosial Ketenagakerjaan dan transmigrasi.

                                                                                                           

 

                                                                                                                Bangli,  10 Desember   2013

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Kabupaten Bangli,

 

 

 

 

                                                                                                                Drs. I Nengah Sukarta

                                                                                                                Nip. 19610227 199003 1 007.

 

 

Pelayanan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangli mencakup pelayanan Internal dan pelayanan publik. Pelayanan internal merupakan pelayanan rutinitas kantor yang dilakukan di intern kantor sedangkan pelayanan publik merupakan pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat berdasarkan tugas pokok  dan fungsi yang dimiliki. Adapun pelayanan publik  yang dimiliki olehbidang Pelatihan perluasan penempatan dan tenagakerja transmigrasi (P3T) terdiri atas.

IJIN PENDIRIAN LEMBAGA PELATIHAN KERJA (LPK)

1.       Persyaratan Pelayanan :

a.       Copy akte Pendirian dan atau akte perubahan sebgai badan hukum dan tanda bukti pengesahan dari instansi berwenang

b.      Daftar riwayat hidup penanggung jawab LPK.

c.       Program pelatihan Kerja berbasis kompetensi.

d.      Profil LPK yang meliputi : Struktur Organisasi, Alamat, Telepon dan Faxmile.

e.      Daftar riwayat hidup Instruktur.

f.        Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.

2.       Waktu Penyelesaian dan masa berlaku

a.       Jangka waktu proses penyelesaian adalah paling lama 5 (lima) hari kerja

b.      Masa berlaku adalah 5 (lima ) Tahun dan selsnjutnya diperbaharui.

3.       Prosedur Penyelesaian Pelayanan

a.       Surat permohonan disampaikan kepada Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trans Kabupaten Bangli

b.      Kepala Dinas memerintahkan Kepala Seksi yang membidangi  untuk memproses permohonan ijin.

c.       Selanjutnya Kepala Seksi memproses ijin  tersebut dan melakukan peninjauan,  pemeriksaan  ke lapangan, untuk mengetahui apakah memenuhi syarat untuk diberikan ijin atau tidak.

d.      Apabila memenuhi syarat  untuk diberikan ijin, maka dibuatkan konsep mengenai  Surat ijin Lembaga Pelatihan Kerja.

e.      Konsep ijin disampaikan kepada Kepala Dinas untuk ditandatangani.

f.        Setelah disetujui dan ditandatangani maka Surat Ijin disampaikan kepada pemohon.

4.       Hasil Pelayanan yang diterima oleh pelanggan

a.       Hasil pelayanan yang diterima oleh pelanggan adalah Sertifikat Pendaftaran Lembaga Pelatihan Kerja.

5.       Kompetensi petugas yang terlibat dalam proses pemberian /penyelesaian pelayanan

a.       Petugas yang melayani sebanyak 2 orang staf dan 1 orang Kepala Seksi.

b.      Pendidikan yang dimiliki pertugas minimal SLTA.

6.       Sarana Prasarana

a.       Sarana bagi petugas : Meja, Kursi, komputer set, alat tulis kendaraan Dinas untuk survey ke lokasi

b.      Sarana bagi pemohon : ruang tunggu, dan fasilitas lainnya.

 

PELAYANAN PEMBUATAN  KARTU PENCARI KERJA/AK 1 ).

1.       Persyaratan Pelayanan :

a.       Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan domisili.

b.      Foto copy Ijasah SD, SMP, SLTA, /ijasah terakhir dan transkrip nilai.

c.       Foto copy sertifikat kursus –kursus (kalau ada)

d.      Surat Pengalaman kerja (kalau ada).

e.      Pas Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar

f.        Pengukuran Berat badan dan Tinggi badan.

2.       Waktu Penyelesaian Pelayanan dan masa berlaku.

a.       Lama waktu proses pembuatan adalah selambat – lambatnya 1 (satu) hari kerja.

b.      Masa berlaku  Kartu Pencari Kerja (AK1) 2 (dua) Tahun, bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan diwajibkan untuk melakukan regestrasi ulang setiap 6 (enam) bulan sekali sedangkan bagi pencari kerja yang sudah mendapatkan pekerjaan diharapkan melapor ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transemigrasi Kab. Bangli, dan Kartu Pencari Kerjanya dinonaktifkan.

3.       Prosedur Penyelesaian Kartu Pencari Kerja (AK1).

a.       Dengan persyaratan yang lengkap Pencari kerja mendaftar di loket yang sudah disiapkan.

b.      Persyaratan dipriksa oleh petugas pengantar kerja.

c.       Jika persyaratan belum lengkap,  dikembalikan kepada pencari kerja untuk dilengkapi.

d.      Persyaratan sudah lengkap Petugas pengantar kerja mewawancarai pencari kerja dengan mengisi blanko biodata pencari kerja (AK2).

e.      Setelah dilakukan wawacara dan pengisian blanko selanjutnya Kartu Pencari Kerja (AK1) dapat diterbitkan.

4.       Hasil Pelayanan yang diterima oleh Pencari Kerja

a.       Pelayanan yang diterima oleh pelanggan/Pencari kerja adalah berupa Kartu Pencari Kerja (AK1).

5.       Kompetensi Petugas yang terlibat dalam proses pemberian/Penyelesaian Pelayanan

a.       Jumlah petugas yang melayani  adalah 2 (dua) orang.

b.      Kompetensi yang harus dimiliki oleh petugas adalah mengetahui  dasar pengantar kerja.

c.       Klasifikasi pendidikan minimal SLTA dan telah mengikuti bintek pengantar kerja.

6.       Sarana Prasarana

a.       Sarana/prasarana yang dibutuhkan petugas adalah Meja, kursi, Komputer set, alat tulis blanko AK1.

b.      Sarana/prasarana yang disediakan bagi pencari kerja /pelanggan : Ruang tunggu, WC.umum, parkir

          dll.

 

PELAYANAN  PERMOHONAN  SURAT  REKOMENDASI PASPOR

1.       Persyaratan Pelayanan :

a.       Surat Permohonan kepada Kepala Dinas Sosisl Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Bangli.

b.      Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan domisili.

c.       Foto copy Ijasah  terakhir

d.      Foto copy Akte Kelahiran

e.      Surat Keterangan Kades/Lurah

f.        Hasil Medical Cheak

g.       Job. Orther.

2.       Waktu Penyelesaian Pelayanan

a.       Lama waktu proses pembuatan adalah selambat – lambatnya 2  (dua) hari kerja.

3.       Prosedur Penyelesaian Kartu Pencari Kerja (AK1).

a.       Dengan persyaratan yang lengkap pemohon  mendaftar di loket yang sudah disiapkan.

b.      Persyaratan dipriksa oleh petugas pengantar kerja.

c.       Jika persyaratan belum lengkap,  dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.

d.      Persyaratan sudah lengkap Petugas  membuatkan konsep rekomendasi dan diajukan kepada Kepala

         Dinas untuk ditangani

e.      Setelah konsep rekomendasi disetujui dan ditandatangani  surat rekomendasi disampaikan kepada

          pemohon.

4.       Hasil Pelayanan yang diterima oleh  pemohon

b.      Pelayanan yang diterima oleh pelanggan/Pemohon  adalah berupa  Surat Rekomendasi  untuk pembuatan paspor.

5.       Kompetensi Petugas yang terlibat dalam proses pemberian/Penyelesaian Pelayanan

a.       Jumlah petugas yang melayani  adalah 2 (dua) orang.

b.      Kompetensi yang harus dimiliki oleh petugas adalah mengetahu dasar pengantar kerja.

c.       Klasifikasi pendidikan minimal SLTA.

6.       Sarana Prasarana

a.     Sarana/prasarana yang dibutuhkan petugas adalah Meja, kursi, Komputer set, alat tulis.

b.      Sarana/prasarana yang disediakan bagi pencari kerja /pelanggan : Ruang tunggu, WC.umum, parkir  

         dll.

 

PROSEDUR  PENDAFTARAN DAN SELEKSI CALON TRANSMIGRASI

                Pemberian layanan pendaftaran untuk mengetahui  aspirasi, potensi dan motivasi penduduk atau masyarakat untuk pindah ke Wilayah Pengembangan Transmigrasi yang belum dan telah ditetapkan dengan cara mencatat dan menampung aspirasi dan minat masyarakat  untuk berperan dalam pembangunan Transmigrasi, tanpa membedakan kelompok masyarakat,  dapat diterima sebagai calon transmigrasi sesuai dengan keinginan dan pilihannya. Adapun prosedur dan persyaratan pendaftar adalah :

1.       PERSYARATAN PENDAFTAR

a.       KTP (Warga Negara Indonesia).

b.      Umur minimal 18 Tahun

c.       Berkeluarga, kecuali bagi bujangan yang mempunyai keahlian khusus dan dilengkapi administrasi

          kependudukan

d.      Status Duda/Janda (apabila ada pengikutnya minimalseorang laki – laki ).

e.      Tempat tinggal (Surat keterangan domisili).

f.        Mendaftar  secara sukarela.

g.       Keahlian/keterampilan calon transmigran sesuai dengan kesepakatan/perjanjian kerja sama antar

           daerah

2.       TATA CARA TEMPAT PENDAFTARAN

a.       Pendaftaran  Calon Transmigran mendaftarkan diri pada Kantor Desa/Kelurahan, Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Bangli.

b.      Seleksi Umum Petugas menyeleksi kelengkapan administrasi  meliputi KTP, Surat Nikah, Surat Sehat, Surat Keterangan pindah, pas foto dan kelengkapan lain yang diperlukan.

c.       Seleksi khusus Petugas menyeleksi kompetensi kemampuan dan profesi calon transmigran dan  mengetahui sikap mental dan idiologi.

d.      Tempat seleksi di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangli

e.      Petugas seleksi berjumlah 4 orang.

f.        Hasil seleksi diumumkan secara terbuka dan ditempatkan pada lokasi yang mudah dibaca oleh

          masyarakat umum.

 

 

  • 30 April 2014

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita