Laporan Perjalanan Dinas Keluar Daerah Monitoring Evaluasi Penempatan Warga Transmigrasi Asal Kabupaten Bangli Di Sp2 Upt Amahola Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

  • 22 Desember 2014
LAPORAN  PERJALANAN DINAS KELUAR DAERAH MONITORING EVALUASI PENEMPATAN WARGA TRANSMIGRASI ASAL  KABUPATEN BANGLI  DI SP2  UPT AMAHOLA   KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE  SELATAN,  PROVINSI SULAWESI TENGGARA.

Berangkat  hari kamis, tanggal 11 Desember  2014, bersama rombongan  dipimpin langsung bapak Bupati Bangli bersama beberapa SKPD, dengan maksud mengetahui lebih dekat keberadaan warga tranmigrasi asal kab. Bangli yang telah menempati tempat tinggal diwilayah transmigrasi selama empat hari sebanyak 10 KK, 38 jiwa.

Rombongan  hari jumat tanggal 12 desember berangkat dari hotel zahra sultra menuju daerah transmigrasi di UPT Amahola jam 08.00 dan tiba jam 09.30 dengan  sewa kendaraan roda empat diantar langsung oleh asisten I dan Kabid transmigrasi pemda setempat ,diawali kunjungan ke masing masing lokasi memberikan arahan edukasi  untuk semangat dan bekerja keras menata lingkungan tempat tinggal dilahan I yang luasnya 25 are,disamping  mengawali bercocok tanam sesuai dengan jatah bibit yang sudah diterima semasih musim hujan. Mengecek jatah hidup berupa beras , lauk pauk, peralatan dapur, alat pertanian dan alat alat rumah tangga. Dari inpormasi semua warga telah diterima begitu tiba dilokasi sesuai serah terima barang.saran bp Bupati untuk segera memasang jenset bantuan Pemda Bangli untuk penerangan sehingga anak anak bisa belajar malam harinya dan hidup rukun bersama tetangga, galakkan gotong royong menata jalan. Cek pembagian rumah tempat tinggal sudah layak pembagian secara adil dengan mengundi lokasi.

Jam 12 siang diadakan pemeriksaan kesehatan warga transmigrasi oleh tim kesehatan [ bp.Kadis kesehatan dan KTU RSU Bangli],berupa  cek up kesehatan dan pemberian vitamin. Dari informasi tim kesehatan rata rata kondisinya baik dilanjutkan pemberian informasi hidup sehat oleh kadis Kesehatan dr I Wayan Sudiana M.Kes. sebelum meninggalkan lokasi diisi kegiatan serah terima kenang kenangan oleh bp.Bupati Bangli kepada Bp Asisten I Pemda Konawe Selatan dan  menyerahkan mi instan dan jajan ke warga dilanjutkan ramah tamah dan pamitan.

Dilanjutkan perjalanan mengunjungi warga tranmigrasi asal Bangli penempatan tahun 2010 dilokasi SP I Aronga, ditempuh 1 jam dari lokasi upt Amahola, bp Bupati langsung ramah tamah dengan warga ,dilangsungkan sembahyang bersama di pura Padmesana  dipinpin jro mangku suba.dari data penempatan bahwa trans Bali sebanyak 50 KK , berasal dari Gianyar 19 KK dan Bangli 31 KK. Hasil bercocok tanam yang sudah menghasilkan berupa jeruk,nanas,pisang,panili,kopi dan berupa sayuran selain bertani rata rata punya penghasilan tambahan berupa pertukangan, buruh dan jualan. Bp.Bupati juga menyarankan agar seluruh warga dikumpulkan dirumahnya jro mangku Suba diadakan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin. Saran dari warga tranns agar bp Bupati selalu mengagendakan kunjungan untuk melepas kangen warga , sehingga warga seperti berada di Bali di tanah kelahiran sendiri. Jam 19.00 rombongan kembali ke penginapan dan tiba jam kurang lebih jam 20.00.

  • 22 Desember 2014

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita